CARA MEMILIH SEPATU UNTUK LIPUTAN DI LAPANGAN

Image result for CARA MEMILIH SEPATU DI LAPANGAN

sepatu safety murah - Dalam sebuah perjalanan ke Kalimantan beberapa bulan waktu lalu, sebuah perjalanan berat harus dilakukan. Perjalanan berisi menumpangspeedboat, lalu bertukar menaikices (sampan kecil), lalu jalan menyusuri rimba, sampai tiba di tempat yang disebut. Seusai tinjauan lapangan selesai, beberapa diantara rekanan perjalanan mengeluh sakit dibagian badan yang sama, yaitu dibagian kaki.

Setelah dilihat dengan lebih cermat, sakit dibagian kaki itu nyatanya datang dari alas kaki yang hanya memakai sandal atau sandal gunung, ketika meninjau tempat konservasi. Tidak ayal, dengan hanya memakai sandal atau sandal gunung, maka kemungkinan kaki terserang benda-benda dari luar juga akan makin besar juga. Hal semacam ini karena kaki terbuka bebas dan tidak memperoleh perlindungan seperti harusnya.

Pengalaman itu jadi pelajaran yang bernilai untuk semua yang menekuni didunia aktivitas alam bebas, termasuk jurnalis yang banyak meliput problem lingkungan. Karena nyatanya seseorang jurnalis juga harus membekali diri dengan memakai alas kaki yang baik, nyaman, dan dapat membuat perlindungan kaki, ketika tengah menggerakkan agenda liputan di lapangan, dimana kemungkinan kaki terluka karena benda-benda dari luar juga akan makin besar.

Oleh karenanya, jadi kewajiban untuk jurnalis agar senantiasa memakai sepatu dalam setiap peliputan segera di lapangan. Pengetahuan tentang beberapa jenis sepatu yang pas dipakai di lapangan atau alam terbuka pasti jadi hal yang pantas dipahami oleh beberapa jurnalis bila tidak mau melakukan kekeliruan dalam penentuan sepatu yang nantinya juga akan mereka gunakan.

Bagaimana Memilih Sepatu? 

Ketika memperoleh agenda liputan ke beberapa tempat tertentu – seperti rimba, gunung, sungai, atau barangkali pulau terpencil – seseorang jurnalis harus buat persiapan yang masak sebelumnya pergi ke tempat liputan yang notabene berada di alam terbuka itu. Salah satu hal yg tidak bisa dilupakan yaitu menyiapkan sepatu yang pas untuk digunakan di tempat liputan itu. Oleh karena itu, sebelumnya memilih type sepatu yang pas, pengetahuan umum mengenai sepatu tersebut pun harus dipahami.

Dengan umum, bahan sepatu yang baik memang harus penuhi empat prasyarat utama, yakni buat sepatu terasa tambah nyaman, dapat memeperkecil kemungkinan kulit kaki melepuh, dapat menyerap keringat dari kaki, dan dapat cepat kering. Saat ini, sudah banyak produksi sepatu yang lebih memilih memakai bahan sepatu bermembran anti-air dan memiliki aliran udara yang baik, seperti bahan Sympatex atau Gore-Tex. Type bahan itu menanggung sepatu tetaplah terproteksi dari beragam type cairan yang mungkin masuk dan menanggung terpenuhinya prasyarat sepatu yang baik.

Untuk type sepatu yang baik, biasanya memakai tiga type susunan sol, yakni susunan sol terluar (outer sole), susunan sol tengah (mid sole), dan susunan sol terdalam (in sole). Outer sole atau susunan sol terluar yang terbaik biasanya terbuat berbahan karet kombinasi, yang bisa kurangi kemungkinan terpeleset ketika kita tengah beraktivitas di alam terbuka. Diluar itu, outer soleyang baik biasanya memiliki alur tapak bergerigi dan pada tumit terdapat alur 1/2 bulat yang bisa menggigit tanah.

Mid sole atau susunan sol tengah biasanya terbuat dari plastik atau susunan nilon yang berjenis sangat tidak tebal. Tentang kaku atau tidaknya susunan mid sole ini, sangat tergantung dari maksud pembuatan sepatu yang disebut. Mid sole yang kaku diperuntukkan untuk sepatu yang dipakai dalam pendakian gunung salju/es, sesaat mid soleyang semi kaku diperuntukkan untuk sepatu yang dipakai dalam penelusuran rimba (trekking).

Disamping itu, in sole atau susunan sol terdalam biasanya terbuat berbahan busa yang empuk. Peranannya yaitu untuk mensupport kenyamanan dan meredam surprise kecil yang mungkin terjadi. Tetapi saat ini, umumnya sepatu tidak di desain untuk memaksimalkan peranan in sole itu. Susunan in sole ini sesungguhnya dapat kita buat sendiri dengan memotong susunan busa tidak tebal yang dilapis kain berbentuk menyerap cairan.

Terkecuali problem susunan sol yang terdapat di sepatu, memerhatikan alur kaki penting juga ketika kita juga akan memilih atau beli sepatu. Sebaiknya kita ketahui seperti apa alur dari kaki kita sendiri, agar nantinya sepatu yang dipakai terasa nyaman. Hal semacam ini karena terdapat beragam type ukuran dan bentuk kaki manusia. Alur tapak kaki yang berlainan buat kita harus lebih cermat dalam memilih sepatu yang juga akan kita gunakan. Seorang dengan alur tapak kaki yang lebar, harus memilih sepatu dengan alur tapak kaki yang lebar juga, demikian halnya sebaliknya.

Dari hal diatas, yang paling penting ketika kita memilih sepatu yaitu masalah “rasa” pada saat kita memakainya, pasti bukan hanya masalah bagus tidaknya sepatu itu. Penting sekali untuk rasakan semua bagian didalam sepatu, termasuk susunan busa yang berada di pada bagian atas leher sepatu dan rasakan juga bahan pelapis sepatu. Sepatu yang lebih rendah kualitasnya memiliki susunan busa yang hanya dapat sedikit menyerap dan perlu waktu lama untuk kering.

Bila kita ingin beraktivitas di alam terbuka, maka disarankan untuk memilih sepatu yang memiliki susunan pelindung mata kaki dan memiliki lidah sepatu yang panjang dan menyatu dengan leher sepatu. Sebisa-bisanya bagian itu memiliki susunan nilon atau plastik di dalamnya, yang mungkin sekali dapat kita rasakan di sekitar bagian leher dan lidah sepatu. Susunan busa yang dilindungi plastik ini dapat mensupport kenyamanan sepatu dan bermanfaat membuat perlindungan kaki. Sesaat bagian leher sepatu yang menutupi sampai ke mata kaki, berperan membuat perlindungan kaki dan mata kaki dari batu-batuan dan ancaman terkilir.

Sesuai Type Perjalanan 

Satu hal yg tidak bisa dilupakan ketika kita memilih sepatu yaitu pertimbangan tentang type perjalanan yang juga akan kita kerjakan. Pertimbangan tentang type perjalanan ini sangat berkaitan dengan aktivitas yang juga akan kita kerjakan, keadaan daerah yang juga akan dilewati, cuaca yang mungkin terjadi, dan beban yang juga akan kita bawa. Dalam hal semacam ini, sepatu yang bisa kita pakai memang beragam type, dari mulai sepatu boot sampai sepatu trekking, pasti sesuai sama ciri-khas medan dari perjalanan kita.

Heavy-duty boots (sepatu kuat dan kuat yang membuat perlindungan mata kaki) memang pas dipakai untuk semua kesibukan di alam terbuka. Sesaat sepatu enteng (misalnya sepatu sport) malah sangat tidak disarankan digunakan ketika kita membawa beban yang berat. Pada saat kita beli sepatu baru, juga tidak disarankan untuk segera dipakai karena dapat menyebabkan kaki lecet. Oleh karenanya, kita harus sekerap mungkin cobanya sebelumnya dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

Berdasar pada pertimbangan type perjalanan yang kita ingin, sesungguhnya ada banyak type sepatu yang bisa jadikan jadi alternatif pilihan, yaitu sepatu sport, sepatu bahan, sepatu salju plastik, sepatu gurun, sepatu rimba, dan sepatu hiking (sepatu pendakian). Semasing type sepatu itu memiliki karakternya sendiri dan pastinya diperuntukkan untuk kebutuhannya semasing.

Sepatu sport memang nyaman untuk digunakan, namun sesungguhnya tidak memberi perlindungan yang baik pada kaki si pemakai. Memakai sepatu sport memang terasa lembut di kaki, namun malah sangat memiliki resiko terluka ketika memakainya. Sesaat untuk sepatu bahan sendiri, sesungguhnya tambah nyaman dipakai untuk perjalanan jarak dekat, selama daerah yang dilewati tidak kasar. Sepatu bahan memberi perlindungan yang lebih sedikit apabila dibanding dengan sepatu kulit.

Sepatu salju plastik berperan melapisi kaki dengan rapat. Sepatu type ini di desain untuk buat kaki keras pada saat memakai crampon (cakar es) untuk jalan di es atau salju dan dapat buat jalan kita terasa aneh atau janggal. Didalam sel plastik yang kuat, terdapat susunan penghangat yang terpisah membuat perlindungan kaki kita dari permukaan yang membeku. Susunan didalam sepatu ini juga dapat kita pakai saat berada didalam tenda.

Sepatu gurun adalah sepatu dengan sol yang kuat dan kulit yang enteng. Sepatu gurun ini di desain agar dapat mempermudah kaki untuk bernafas. Bentuk sepatu ini tinggi dimana maksudnya yaitu membuat perlindungan pergelangan kaki agar tidak terserang semak berduri. Sesaat sepatu rimba adalah sepatu yang di desain untuk lingkungan yang basah. Sepatu ini terbagi dalam sol karet dan kanvas bagian atas yang mudah kering.

Lihat juga : sepatu safety

Sepatu type paling akhir yaitu sepatu hiking atau sepatu pendakian. Sepatu type ini biasanya lebih berat, lebih kuat, dan memberi perlindungan yang lebih baik pada kaki si pemakai. Sepatu type ini didesain demikian rupa hingga kemampuannya pun dapat dihandalkan. Sepatu ini memiliki sol yang keras dan semakin lebih mantap ketika berdasar. Diluar itu, sepatu ini di desain anti-air dan di bagian pergelangan kaki terdapat susunan penunjang yang memiliki peranan penguat.

Beragam type sepatu sesuai sama perjalanan yang kita ingin seperti yang sudah di jabarkan diatas pasti juga akan buat perjalanan kita makin nyaman dan tidak berkendala apa pun. Untuk seseorang jurnalis yang memperoleh pekerjaan liputan di beberapa daerah yang termasuk dalam cakupan alam terbuka, sesuaikan tempat yang dituju dengan sepatu yang pas untuk dipakai disana pasti telah harusnya dilakukan. Terkecuali juga akan buat nyaman ketika digunakan, pemakaian sepatu yang pas dengan tempat liputan yang dituju juga akan buat seseorang jurnalis terlepas dari bahaya-bahaya yang bisa saja terjadi.

Komentar

Postingan Populer